5 Faktor Pendukung Pendidikan Anak

anak mengaji5 Faktor Pendukung Pendidikan Anak. Pendidikan terhadap anak-anak memang bukan suatu hal yang pantas disepelekan. Dari sanalah anak-anak tumbuh menjadi manusia dewasa.

Faktor Pendukung Pendidikan Anak yang baik ‘dengan pertolongan Allah‘ akan membentuk pribadi yang mapan. Tentunya banyak pula faktor pendukung pendidikan anak yang perlu diperhatikan demi membantu keberhasilannya.

Ada beberapa faktor pendukung pendidikan anak yang membantu keberhasilan pendidikan anak, di antaranya:

1. Memilih Istri Yang Salehah.
Sebelum menikah, seyogianya seseorang beristikharah, memohon pilihan terbaik kepada Allah, serta meminta pendapat orang-orang yang perpengalaman, karena istri kelak menjadi ibu bagi anak-anak. Mereka akan tumbuh di atas akhlak dan tabiat ibunya. Di samping itu, pada umumnya istri pun memiliki pengaruh terhadap sang suami sendiri. Oleh karena itu, dikatakan, “Seseorang itu di atas agama istrinya. Kesenangannya kepada sang istri akan membuatnya selalu menurutinya. Kecintaan kepadanya akan membuat selalu menyetujuinya. Tak pernah ada jalan untuk berbeda, berjauhan, apalagi berpisah.

2. Gembira dengan datangnya anak.
Anak adalah anugerah dari Allah. Karena itu, mestinya kita merasa gembira dengan anugerah itu, baik berupa anak laki-laki maupun perempuan. Tidak layak kita bersikap tidak ridha kepada Allah atas kelahiran anak, merara tidak mampu atau khawatir akan memberatkan dari sisi nafkah. Sesungguhnya Allah, Dialah yang akan menanggung rezeki mereka.

3. Memohon pertolongan Allah dalam mendidik mereka.
Apabila Allah menolong kita dalam mendidik anak, meluruskan dan memberikan taufik kepadanya, dia akan beruntung dan berhasil. Namun., jika Allah membiarkan dan menyerahkan urusan itu kepada dirinya sendiri. Dia akan rugi. Amalannya hanya akan menjadi musibah.

4. Mendoakan kebaikan bagi anak.
Jika mereka anak-anak yang saleh, hendaknya didoakan agar kokoh di atas kesalehannya dan terus bertambah. Jika mereka bukan anak-anak yang baik maka didoakan agar mendapatkan petunjuk dan jalan yang lurus. Hendaknya dari kita benar-benar menjauhi doa kejelekan untuk mereka. Kalaupun mereka rusak dan menyimpang, seharusnya kedua orangtualah, orang pertama yang mengobatinya.

5. Menamai mereka dengan nama yang baik.
Suatu hal yang semestinya dilakukan oleh orang tua adalah menamai anak-anaknya dengan nama-nama yang bagus, islami, dan menggunakan bahasa arab. Hendaknya dihindari nama-nama yang terlarang, nama-nama yang tidak disenangi, atau mengandung konotasi jelek, karena nama akan terus melekat bersama si anak sepanjang umurnya dan akan memengaruhi diri serta akhlak mereka.

Semoga Bermanfaat.Terimakasih

This entry was posted in inspirasi, Tips Mendidik Anak and tagged , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to 5 Faktor Pendukung Pendidikan Anak

  1. Pingback: 6 Faktor Pendukung Pendidikan Anak | Blogger 2 Inchi

  2. Pingback: 7 Faktor Pendukung Pendidikan Anak | Blogger 2 Inchi

  3. Pingback: 8 Faktor Pendukung Pendidikan Anak | Blogger 2 Inchi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s