Teka-teki Kuno, Ayam Atau Telur, Lebih Dulu Mana?

ayam telur kartunTeka-teki Kuno, Ayam Atau Telur, Lebih Dulu Mana? Sobat. Saat ditanya, lebih dulu mana adanya antara antara ayam atau telur? Sobat pasti jawab ayam. Tapi kalau ditanya dulu mana antara telur dan ayam? Sobat pasti jawab telur. Kenapa demikian? Karena kunci jawabannya adalah mana yang ditanya dahulu itulah yang menjadi jawaban dari pertanyaan teka-teki kuno tersebut.

Mungkin itu adalah cerita yang kita alami selama ini semenjak dari kecil dulu. Bukankah begitu sobat?

Nah, kali ini saya akan menyampaikan ke sobat fakta menarik tentang pertanyaan teka-teki kuno ayam atau telur ini.

Para ilmuwan dari Universitas Sheffield dan Warwick, Inggris berhasil menemukan jawaban dari salah satu teka-teki tertua di dunia: “Mana yang lebih dulu, ayam atau telur?”
dan jawabannya adalah : Ayam. Walau pertanyaan tersebut dibolak-balik, jawabannya tetap ayam. Kenapa bisa begitu?

“Sebenarnya, ini (menemukan jawaban teka-teki kuno) adalah kecelakaan yang menyenangkan. Karena pada awalnya, tujuan penelitian tersebut adalah menemukan bagaimana binatang membuat cangkang telur. Cangkang telur memiliki kekuatan yang sangat luar biasa, meski beratnya sangat ringan. Manusia tidak bisa membuat benda seperti itu, bahkan yang mendekatinya sekalipun.
Sadarkah sobat, ketika memecahkan kulit telur rebus di pagi hari, kita sedang menyaksikan salah satu material luar biasa di dunia? Subhanallah.

Nah. Para ilmuwan memilih cangkang telur ayam sebagai fokus penelitian mereka karena proteinnya termasuk sederhana untuk ditelaah. Selain itu, selama ini, kita telah menganggap remeh ayam. Padahal, ada proses luar biasa yang ditunjukkan ayam dalam pembuatan telur.

Para ilmuwan menggunakan komputer super milik Dewan Riset Sains Inggris (UK Science Research Council) yang berbasis di Edinburgh. Komputer itu dinamakan HEKToR (High End Computing Terascale Resource). Dengan peralatan canggih itu, para ilmuwan bisa menelusuri bagaimana telur terbentuk, dengan melihat proses detail telur secara mikroskopis. Yang pertama dicari adalah, mengetahui ‘resep rahasia’ yang digunakan ayam untuk membuat cangkang telur.

Setelah melakukan penelitan selama berminggu-minggu, tim peneliti menemukan protein khusus yang ada di tubuh ayam. Protein itu adalah ‘tukang bangunan’ tanpa lelah, menyusun bagian-bagian cangkang mikroskopis membentuk cangkang telur. Ia menginisiasi proses pembentukan cangkang sebelum menyusun bagian telur yang lain. Tanpa protein tersebut, telur tak mungkin terbentuk. Dan, protein itu hanya ditemukan di rahim ayam! “Itu berarti ayam ada duluan sebelum telur,” simpul para ilmuwan tersebut.

“Protein itu sudah diidentifikasi lama dan diketahui terkait dengan pembentukan telur. Ternyata, dengan memeriksanya secara jeli kita dapat melihat cara protein itu mengendalikan proses pembentukan kulit telur. Dan menarik untuk diketahui bahwa berbagai jenis species burung tampaknya memilki variasi protein dengan cara kerja yang sama.” jelas Profesor John Harding.

Sedangkan Dr Colin Freeman, dari Departemen Teknik Material Universitar Sheffield, mengatakan, “Selama ini orang mengira bahwa yang lebih dulu ada adalah telur, tapi kini kita telah punya bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa sebenarnya ayamlah yang lebih dulu ada.”

“Memahami cara ayam membuat kulit telur dapat memberi petunjuk menuju rancangan baru maupun bahan baru,” Imbuhnya “Alam telah menemukan solusi inovatif untuk semua jenis masalah dalam ilmu tentang materi dan teknologi, kita dapat belajar banyak dari alam.”

Terus, dari mana ayam berasal? Beberapa teori mengatakan , nenek moyang ayam adalah hewan jenis unggas lain yang telah mengalami proses evolusi.

Semoga Bermanfaat

This entry was posted in Informasi, oase and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s